EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA
A.
Efek-efek Ekonomis Koperasi
Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan
koperasi adalah dengan paraanggotanya yang kedudukannya sebagai pemilik
sekaligus pengguna jasa koperasi.Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan
mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah diserahkannya, apakah
menguntungkan atau tidak. Sedangkananggota sebagai pengguna akan mempersoalan
kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, menguntungkan atau tidaknya
pelayanan koperasi dibandingkan penjual atau pembeli di luar koperasi. Pada
dasarnya anggota akan berpartisipasidalam kegiatan pelayanan perusahaan
koperasi:
·
Jika kegiatan tersebut sesuai dengan
kebutuhan
·
Jika pelayanan tersebut ditawarkan dengan
harga, mutu atau syarat-syarat yanglebih menguntungkan dibanding yang
diperolehnya dari pihak-pihak lain di luarkoperasi.
B.
Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi.
Sedangkan tingkat partisipasianggota dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu
besarnya nilai manfaat pelayanankoperasi secara utilitarian maupun
normatif.Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan
ekonomisyang dimaksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh
perusahaankoperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau
diperolehnya hargayang menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan
(SHU) baik secaratunai maupun dalam bentuk barang. Bila dilihat dari peranan anggota
dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi
harus dibedakanantara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota.
Perbedaan inimengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan
koperasi dalam pasar yang bersaing.
C.
Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan Koperasi
Dalam badan usaha koperasi, laba bukanlah satu-satunya
yang dikejar olehmanajemen, melainkan aspek pelayanan (benefit oriented). Di
tinjau dari konsepkoperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar
kecilnya partisipasi ataupuntransaksi anggota dengan kopersinya. Semakin tinggi
partisipasi anggota, makaidealnya semakin tinggi manfaat yang diterima oleh
anggota. Keberhasilan koperasiditentukan oleh salah satu faktornya adalah
partisipasi anggota dan partisipasianggota sangat berhubungan erat dengan efek
ekonomis koperasi yaitu manfaat yangdidapat oleh anggota tersebut.
D.
Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota
dan perubahan lingkungankoperasi, terutama tantangan-tantangan kompetitif,
pelayanan koperasi terhadapanggota harus secara kontinyu di sesuaikan
Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi
meningkatkan pelayanan kepadaanggotanya, yaitu:
·
Adanya tekanan persaingan dari anggota
lain (terutama organisasi non koperasi).
·
Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat
perubahan waktu dan peradaban.Perubahan kebutuhan ini akan menentukan kebutuhan
pola kebutuhan anggotadalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan koperasi
0 komentar:
Posting Komentar